Mengenal pengetahuan dasar geografi
Ruang lingkup geografi
Ruang lingkup geografi cukup luas dan mendasar. Untuk melihat apa dan bagaimana ruang lingkup geografi, Daldjoeni mengemukakan pokok-pokok telaah geografi sebagai berikut.
1.Ukuran, bentuk, dan aneka gerakan bumi.
2.Persebaran serta posisi masa daratan dan
wujud perairan.
3.Batuan, struktur, dan berbagai relief
permukaan bumi.
4.Air yang ada diberbagai samudra, lautan,
serta seluk-beluk gerakannya.
5.Pola persebaran dunia tumbuhan dan hewan.
6.Atmosfer dengan gejala-gejala didalamnya.
7.Ras-ras umat manusia dan persebarannya.
8.Aneka bentuk kegiatan manusia dalam rangka
menegakkan perekonomian.
9.Bermacam-macam ciri dan jenis permukiman
manusia yang ada.
10.Ciri-ciri sosial dan budaya masyarakat
manusia.
11.Pengaturan umat manusia secara politis dan
relasi antarmereka.
Konsep-konsep geografi
1.Konsep lokasi
Suatu tempat dipermukaan bumi memiliki nilai ekonomi apabila dihubungkan dengan harga.
2.Konsep jarak
Jarak dihubungkan dengan keuntungan yang diperoleh, sehingga manusia cenderung akan memperhitungkan jarak.
3.Konsep keterjangakauan
Hubungan atau interaksi antartempat dapat dicapai, baik dengan menggunakan sarana transportasi umum, tradisional, atau jalan kaki.
4.Konsep pola
Bentuk interaksi manusia dengan lingkungan atau interaksi alam dengan alam.
5.Konsep morfologi
Bentuk permukaan bumi sebagai hasil proses alam dan hubungannya dengan aktivitas manusia.
6.Konsep aglomerasi
Pengelompokkan penduduk dan aktivitasnya disuatu daerah.
7.Konsep nilai kegunaan
Manfaat suatu wilayah atau daerah mempunyai nilai tersendiri bagi orang yang menggunakannya.
8.Konsep interaksi dan interdependensi
Setiap wilayah tidak dapat memenuhi kebutuhan sendiri, tetapi memerlukan hubungan dengan wilayah lain, sehingga memunculkan adanya hubungan timbal balik dakam bentuk arus barang dan jasa, komunikasi, persebaran ide, dll.
9.Konsep differensiasi area
Suatu wilayah kaitannya dengan wilayah lain.
10.Konsep keterkaitan keruangan
Suatu wilayah dapat berkembang karena hubungan dengan wilayah lain, atau adanya saling keterkaitan antarwilayah dalam memenuhi kebutuhan dan sosial penduduknya.
Objek studi geografi
1.Objek material
Objek material adalah fenomena geosfer yang meliputi atmosfer, litosfer dan pedosfer, hidrosfer, biosfer, dan antroposfer.
2.Objek formal
Objek formal adalah cara oandang dan cara berpikir terhadap gejala yang ada di permukaan bumi, baik keadaan fisik maupun keadaan sosialnya.
-what
-where
-when
-why
-who
-how
Prinsip geografi
1.Prinsip persebaran, artinya bahwa gejala, kenampakan,ndan masalah yang terdapat diruang muka bumi persebarannya sangat bervariasi.
2.Prinsip interelasi, artinya bahwa antara komponen atau aspek-aspek lingkungan geografi senantiasa ada hubungan timbal balik atau saling keterkaitan satu sama lain.
3.Prinsip deskripsi, merupakan cara pemaparan hasil pengkajian studi geografi terhadap gejala, fenomena atau masalah yang ada.
4.Prinsip korologi, merupakan gabungan atau perpaduan dari krtigs prinsip diatas.
Pendekatan geografi
1.Pendekatan spasial(keruangan)
Ruang adalah seluruh permukaan bumi yang merupakan tempat hiduo tumbuhan, hewan, dan manusia.
2.Pendekatan ekologi(lingkungan)
Ekologi adalah ilmu yang mempelajari interaksi antara organisma hidup dannlingkungannya.
3.Pendekatan kewilayahan(regional)
Pendekatan kewilayahan mencoba membandingkan berbagai kawasan dimuka bumi dengan memperhatikan aspek-asoek keruangan dan lingkungan dari masing-masing wilayah secara komprehensif.
4.Pendekatan kronologi
Dengan menerapkan pendekatan kronologi terhadap suatu fenomena atau masalah dalam ruang, peneliti dapat mengkaji perkembangan dan memprediksi proses fenomena atau masalah tersebut pada masa yangnakan datang.
5.Pendekatan sistem
Pendekatan sistem merupakan mode berpikir sintetik yang diterapkan pada masalah yang merupakan suatu sistem.
Aspek geografi
1.Aspek geografi fisik, adalah cabang dari ilmu geografi yang saling terkait satu sama lain.
2.Aspek geografi sosial,dipelajari dalam lingkup antropogeografi.
3.Aspek geografi teknik, aspek ini mempelajari teknik-teknik geografi yang dapat memprrmudah dalam mempelajari geografu secara keseluruhan.
4.Aspek geografi wilayah, wilayah meruoakan faktor utama dalam geografi.
Paradigma geografi
Paradigma merupakan cara pandang keilmuan yang sama termasuk didaoamnya asumsi, prosedur, dan penemuan yang diakui serta diterima oleh sekelompok ilmuwan dannakhirnya diakui masyarakat pada umumnya.
1.Paradigma geografi tradisional
2.Paradigma kontemporer
Peran geografi dalam kehidupan
1.Geografi sebagai suatu sintesis
2.Geografi sebagai alanisis hubungan keruangan
3.Geografi sebagai kajian penggumaan ruangan
4.Geografi sebagai bidang penelitian
5.Geografi sebagai bidang pendidikan
Manfaat ilmu geografi
Untuk membantu dalam memahami kondisi negara sendiri dan memahami dunia. Selain itu dengan mempelajari ilmu geografi akan mengetahui kelemahan dan kelebihan negara lain, yang menyangkut sumber daya alamnya maupun manusianya.
Ruang lingkup geografi cukup luas dan mendasar. Untuk melihat apa dan bagaimana ruang lingkup geografi, Daldjoeni mengemukakan pokok-pokok telaah geografi sebagai berikut.
1.Ukuran, bentuk, dan aneka gerakan bumi.
2.Persebaran serta posisi masa daratan dan
wujud perairan.
3.Batuan, struktur, dan berbagai relief
permukaan bumi.
4.Air yang ada diberbagai samudra, lautan,
serta seluk-beluk gerakannya.
5.Pola persebaran dunia tumbuhan dan hewan.
6.Atmosfer dengan gejala-gejala didalamnya.
7.Ras-ras umat manusia dan persebarannya.
8.Aneka bentuk kegiatan manusia dalam rangka
menegakkan perekonomian.
9.Bermacam-macam ciri dan jenis permukiman
manusia yang ada.
10.Ciri-ciri sosial dan budaya masyarakat
manusia.
11.Pengaturan umat manusia secara politis dan
relasi antarmereka.
Konsep-konsep geografi
1.Konsep lokasi
Suatu tempat dipermukaan bumi memiliki nilai ekonomi apabila dihubungkan dengan harga.
2.Konsep jarak
Jarak dihubungkan dengan keuntungan yang diperoleh, sehingga manusia cenderung akan memperhitungkan jarak.
3.Konsep keterjangakauan
Hubungan atau interaksi antartempat dapat dicapai, baik dengan menggunakan sarana transportasi umum, tradisional, atau jalan kaki.
4.Konsep pola
Bentuk interaksi manusia dengan lingkungan atau interaksi alam dengan alam.
5.Konsep morfologi
Bentuk permukaan bumi sebagai hasil proses alam dan hubungannya dengan aktivitas manusia.
6.Konsep aglomerasi
Pengelompokkan penduduk dan aktivitasnya disuatu daerah.
7.Konsep nilai kegunaan
Manfaat suatu wilayah atau daerah mempunyai nilai tersendiri bagi orang yang menggunakannya.
8.Konsep interaksi dan interdependensi
Setiap wilayah tidak dapat memenuhi kebutuhan sendiri, tetapi memerlukan hubungan dengan wilayah lain, sehingga memunculkan adanya hubungan timbal balik dakam bentuk arus barang dan jasa, komunikasi, persebaran ide, dll.
9.Konsep differensiasi area
Suatu wilayah kaitannya dengan wilayah lain.
10.Konsep keterkaitan keruangan
Suatu wilayah dapat berkembang karena hubungan dengan wilayah lain, atau adanya saling keterkaitan antarwilayah dalam memenuhi kebutuhan dan sosial penduduknya.
Objek studi geografi
1.Objek material
Objek material adalah fenomena geosfer yang meliputi atmosfer, litosfer dan pedosfer, hidrosfer, biosfer, dan antroposfer.
2.Objek formal
Objek formal adalah cara oandang dan cara berpikir terhadap gejala yang ada di permukaan bumi, baik keadaan fisik maupun keadaan sosialnya.
-what
-where
-when
-why
-who
-how
Prinsip geografi
1.Prinsip persebaran, artinya bahwa gejala, kenampakan,ndan masalah yang terdapat diruang muka bumi persebarannya sangat bervariasi.
2.Prinsip interelasi, artinya bahwa antara komponen atau aspek-aspek lingkungan geografi senantiasa ada hubungan timbal balik atau saling keterkaitan satu sama lain.
3.Prinsip deskripsi, merupakan cara pemaparan hasil pengkajian studi geografi terhadap gejala, fenomena atau masalah yang ada.
4.Prinsip korologi, merupakan gabungan atau perpaduan dari krtigs prinsip diatas.
Pendekatan geografi
1.Pendekatan spasial(keruangan)
Ruang adalah seluruh permukaan bumi yang merupakan tempat hiduo tumbuhan, hewan, dan manusia.
2.Pendekatan ekologi(lingkungan)
Ekologi adalah ilmu yang mempelajari interaksi antara organisma hidup dannlingkungannya.
3.Pendekatan kewilayahan(regional)
Pendekatan kewilayahan mencoba membandingkan berbagai kawasan dimuka bumi dengan memperhatikan aspek-asoek keruangan dan lingkungan dari masing-masing wilayah secara komprehensif.
4.Pendekatan kronologi
Dengan menerapkan pendekatan kronologi terhadap suatu fenomena atau masalah dalam ruang, peneliti dapat mengkaji perkembangan dan memprediksi proses fenomena atau masalah tersebut pada masa yangnakan datang.
5.Pendekatan sistem
Pendekatan sistem merupakan mode berpikir sintetik yang diterapkan pada masalah yang merupakan suatu sistem.
Aspek geografi
1.Aspek geografi fisik, adalah cabang dari ilmu geografi yang saling terkait satu sama lain.
2.Aspek geografi sosial,dipelajari dalam lingkup antropogeografi.
3.Aspek geografi teknik, aspek ini mempelajari teknik-teknik geografi yang dapat memprrmudah dalam mempelajari geografu secara keseluruhan.
4.Aspek geografi wilayah, wilayah meruoakan faktor utama dalam geografi.
Paradigma geografi
Paradigma merupakan cara pandang keilmuan yang sama termasuk didaoamnya asumsi, prosedur, dan penemuan yang diakui serta diterima oleh sekelompok ilmuwan dannakhirnya diakui masyarakat pada umumnya.
1.Paradigma geografi tradisional
2.Paradigma kontemporer
Peran geografi dalam kehidupan
1.Geografi sebagai suatu sintesis
2.Geografi sebagai alanisis hubungan keruangan
3.Geografi sebagai kajian penggumaan ruangan
4.Geografi sebagai bidang penelitian
5.Geografi sebagai bidang pendidikan
Manfaat ilmu geografi
Untuk membantu dalam memahami kondisi negara sendiri dan memahami dunia. Selain itu dengan mempelajari ilmu geografi akan mengetahui kelemahan dan kelebihan negara lain, yang menyangkut sumber daya alamnya maupun manusianya.
Komentar
Posting Komentar