Konsep ilmu ekonomi

A.DASAR-DASAR ILMU EKONOMI

1.Pengertian ilmu ekonomi
Paul samuelson, seorang pakar ekonomi dari massachusetts institute of technology, menjabarkan pendapatnya tentang pengertian ilmu ekonomi.

A.Ilmu ekonomi atau ekonomi politik yaitu studi tentang kegiatan dengan atau tanpa uang mencakup transaksi pertukaran antar manusia.B.Ilmu ekonomi yaitu studi tentang cara manusia menentukan pilihan yang tepat untuk memanfaatkan sumber daya produktif yang bersifat langka dan berjumlah terbatas untuk menghasilkan barang serta mendistribusikan kepada anggota masyarakat untuk dikonsumsi.C.Ilmu ekonomi yaitu studi tentang manusia dalam kegiatan sehari-hari untuk mendapat dan menikmati kehidupan.D.Ilmu ekonomi yaitu studi tentang cara manusia bertingkah pekerti untuk mengorganisasi kegiatan konsumsi dan produksi.E.Ilmu ekonomi yaitu studi tentang kemakmuran.F.Ilmu ekonomi yaitu studi tentang cara-cara memperbaiki masyarakat.Dapat disimpulkan bahwa ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam melakukan aktivitas ekonomi dengan atau tanpa uang; terdapat sumber daya yang langka, tetapi ada alternatif pemanfaatannya, dan terdapat barang dan atau jasa yang diproduksi kemudian disalurkan kepada masyarakat. 

2.Pembagian ilmu ekonomi

a.Ilmu ekonomi deskriptif

Menurut kamus besar bahasa indonesia edisi ketigs(2008), deskriptif berarti
menggambarkan apa adanya. Jadi, ilmu ekonomi deskriptif adalah analisis ekonomi yang menggambarkan keadaan ekonomi sebenarnya berdasarkan fakta dalam perekonomian.


b.Ilmu ekonomi teori
Ilmu ekonomi teori diartikan sebagai ilmu ekonomi yang berusaha menjelaskan dan merumuskan pengertian, menjelaskan hubungan sebab akibat, dan menjelaskan cara kerja sistem perekonomian dalam kehidupan masyarakat.Ruang lingkup ilmu ekonomi teori dapat dibedakan menjadi dua yaitu:
1.Ekonomi mikro
Ekonomi mikro mengkaji bagian kecil dari kegiatan perekonomian. Ekonomi mikro membahas perilaku ekonomi secara pribadi dalam rumah tangga, perusahaan, dan struktur industri. Ilmu ekonomi mikro adalah cabang ilmu ekonomi yang mempelajari perilaku konsumen dan produsen/perusahaan serta penentuan harga pasar dan kuantitas faktor input, barang, dan jasa yang diperjual belikan.Berikut komponen yang dianalisis dalam ekonomi mikro.•Interaksi di pasar barang•Interaksi di pasar faktor produksi•Perilaku penjual dan pembeli

2.Ekonomi Makro
Ekonomi makro menganalisis kegiatan perekonomian yang bersifat luas dan tidak memperhatikan kegiatan ekonomi dalan unit-unit kecil. Ekonomi makro mempelajari kekuatan dan kecenderungan yang memengaruhi kondisi dan perekonomian secara keseluruhan. Berikut komponen yang dianalisis dalam ekonomi makro.•Pemanfaatan sumber daya ekonomi•Stabilitas ekonomi negara•Inflasi•Pertumbuhan ekonomi•Ekonomi internasional•Neraca pembayaran internasional•Nilai kurs mata uang•Peredaran uang dalam masyarakat

c.Ilmu ekonomi terapan
Ekonomi terapan merupakan salah satu cabang ilmu ekonomi yang menganalisis ekonomi teori untuk merumuskan kebijakan, pedoman, atau standar yang tepat dalam mengatasi masalah ekonomi tertentu. Ilmu ekonomi terapan lebih bersifat praktis yang dapat diterapkan dalam bidang lain seperti kesehatan, geografi, politik, dan pendidikan.

B.MASALAH EKONOMI

1.Kelangkaan dan cara mengatasinya
Kelangkaan merupakan inti masalah yang harus diatasi masyarakat. Inti masalah ekonomi berupa ketidsk seimbangan antara kebutuhan yang tidak terbatas dan alat pemuas kebutuhan yang terbatas. Kelangkaan dapat terjadi, baik barang maupun jasa. Berikut faktor-faktor yang menyebabkan kelangkaan.1.Keterbatasan sumber daya2.Perbedaan letak geografis3.Ketidak seimbangan pertumbuhan penduduk4.Kemampuan produksi yang rendah5.Perkembangan teknologi yang lambat6.Terjadinya bencana alamUpaya mengatasi kelangkaan tersebut dapat dilakukakan sebagai berikut.1.Memanfaatkan sumber daya secara bijak2.Membuat skala prioritas kebutuhan3.Menemukan sumber daya alternatif4.Mengelola keuangan secara efisien

2.Kebutuhan dan alat pemuas kebutuhan
Pada prinsipnya kebutuhan seseorang berbeda-beda dan terus berkembang sejalan bertambahnya usia. Dalam memenuhi kebutuhan hidup, manusia membutuhkan alat pemenuhan kebutuhan. Alat kebutuhan diisediakan alam ataupun manusia melalui proses produksi.

a.Kebutuhan dan macamnya

Kebutuhan adalah segala sesuatu yang diperlukan manusia dalam rangka mempertahankan kelangsungan hidup guna mencapai taraf hidup sejahtera.Pada prinsipnya kebutuhan hidup dapat dikelompokkan sebagai berikut.1).Kebutuhan menurut intensitas kegunaanYaitu:•Kebutuhan primer(pokok) adalah kebutuhan yang harus dipenuhi manusia agar hidup layak.•Kebutuhan sekunder, adalah kebutuhan yang bersifat melengkapi kebutuhan primer.•Kebutuhan tersier, kebutuhan ini timbul setelah terpenuhinya kebutuhan primer dan sekunder. Kebutuhan tersier identik dengan kemewahan. 2).Kebutuhan menurut bentuk dan sifatnyaYaitu:•Kebutuhan jasmani, terkait dengan kebutuhan fisik seperti menjaga kesehatan atau penampilan.•Kebutuhan rohani, terkait dengan upaya manusia memperoleh kepuasan batin.3).Kebutuhan menurut subjek yamg membutuhkanYaitu:•Kebutuhan individu, diartikan kebutuhan yang diinginkan setiap orang.•Kebutuhan kelompok, diartikan kebutuhan sekelompok orang secara bersama.4).Kebutuhan menurut waktuYaitu:• Kebutuhan sekarang, harus dipenuhi sekarang dan tidak bisa ditunda.• Kebutuhan masa datang, terkait dengan pemenuhan kebutuhan pada kemudian hari.

b.Alat pemuas kebutuhan

1).Alat pemenuhan kebutuhan bedasarkan ketersediaannya•Barang ekonomi, dapat diperoleh jika manusia mengeluarkan pengorbanan tertentu. Barang ekonomi jumlahnya terbatas, sementara peminatannya sangat besar.•Barang bebas, tersedia bebas dalam jumlah melimpah. Seperti udara untuk bernapas, air laut, air sungai, sinar matahari, salju saat musim dingin, dan pasir dipadang pasir.•Barang illith, adalah barang yang jumlahnya berlebihan sehingga dapat menimbulkan kerugian dan bahaya bagi kehidupan manusia.2).Barang berdasarkan tujuan penggunaan•Barang konsumsi, dapat langsung dikonsumsi manusia dalam rangka memenuhi kebutuhan hidup.•Barang produksi, digunakan untuk mendukung proses produksi guna menghasilkan barang dan jasa.3).Barang berdasarkan proses produksi•Barang mentah•Barang setengah jadi•Barang jadiContoh pembuatan baju, barang mentahnya adalah kapas, kapas dipintal menjadi benang, benang ditenun menjadi kain. Benang dan kain adalah barang setengah jadi. Kemudian kain dijahit menjadi baju siap jadi.4).Barang menurut hubungan barang lain•Barang substitusi, digunakan untuk menggantikan fungsi barang lain.•Barang komplementer, berguna jika digunakan secara bersamaan dengan barang lainnya.

c.Pilihan dan skala prioritas

Ilmu ekonomi mempelajari tentang pilihan. Dalam memilih atau melakukan pilihan, sikap rasional sangat perlu dilakukan. Saat ini begitu banyak barang ataupun jasa yang ditawarkan melalui berbagai media dengan kemasan iklan menarik. Agar tidak terjerumus dalam memilih barang dan jasa yang sebenarnya tidak dibutuhkan, kita perlu mempertimbangkan manfaat yang akan diperoleh dari barang dan jasa tersebut. Pilihlah barang yang dibutuhkan bukan diinginkan.


3.Prinsip dan motif ekonomi

a.Prinsip ekonomi
Prinsip ekonomi diartikan usaha yang disertai pengorbanan sekecil-kecilnya untuk memperoleh hasil tertentu atau dengan biaya tertentu untuk memperoleh hasil sebesar-besarnya.Prinsip ekonomi dapat diterapkan para pelaku ekonomi dalam kegiatan produksi, konsumen, atuapun distribusi1).Prinsip ekonomi produsenDiterapkan dengan mempertimbangkan beberapa faktor antara lain menentukan jenis produk sesuai selera masyarakat, menentukan lokasi perusahaan, menghasilkan barang berkualitas, menentukan teknik produksi paling efisien, menggunakan bahan baku berkualitas, serta mengharapkan keuntungan sebesar-besarnya.2).Prinsip ekonomi konsumenDilakukan untuk mencari alternatif pilihan yang relasional sehingga diperoleh kepuasan optimal.3).Prinsip ekonomi distributorDilakukan dengan memperhatikan beberapa faktor antara lain menyesuaikan barang dagang dengan selera dan kebutuhan masyarakat, menentukan harga jual barang dagang, memilih sarana transportasi sesuai karakteristik barang, meningkatkan kualitas pelayanan kepada konsumen.


b.Motif ekonomi
Motif ekonomi merupakan alasan untuk tujuan individu atau lembaga dalam melakukan tindakan ekonomi.1).Motif ekonomi produsen2).Motif ekonomi konsumen3).Motif ekonomi distributor


4.Biaya peluang
Biaya peluang merupakan pengorbanan yang timbul akibat menentukan satu pilihan terbaik atas beberapa alternatif pilihan yang ada. Biaya peluang tenaga kerja merupakan nilai kesempatan tenaga kerja dalam memproduksi barang dan jasa yang harus dikorbankan karena memproduksi barang atau jasa lain.

C.EKONOMI SYARIAH

1.Pengertian ekonomi syariah
Ekonomi syariah disebut juga ekonomi islam. Ilmu ekonomi syariah adalah ilmu pengetahuan sosial yang mempelajari masalah ekonomi rakyat berdasarkan nilai-nilai islam.

2.Tujuan ekonomi syariah
Perkembangan ilmu ekonomi syariah diarahkan untuk mewujudkan suatu tujuan yang memang tidak dapat dicapai atau dikembangkan oleh ilmu ekonomi konvensional. Tujuan ekonomi islam adalah Al-Falah, yaitu kesuksesan yang hakiki berupa tercapainya kebahagiaan dalam segi materiel dan spiritual serta tercapainya kesejahteraan di dunia dan akhirat.

3.Prinsip ekonomi syariah
a.Prinsip tauhidb.Prinsip khalifahc.Prinsip keadilan

4.Karakteristik ekonomi syariah
Menurut Al-Mawsu'ah Al-Ilmiyah wa Al-Amaliyah Al-Islamiyah, karakteristik ekonomi syariah sebagai berikut.a.Harta kepunyaan Allah swt. dan manusia merupakan khalifah terhadap hartab.Ekonomi terkait dengan akidah, syariah, dan moralc.Keseimbangan antara kerohanian dan kebendaand.Ekonomi islam menciptakan keseimbangan kepentingan individu dengan kepentingan umume.Kebebasan individu dijamin dalam islamf.Negara diberi kewenangan ikut campur dalam perekonomiang.Adanya bimbingan konsumsih.Petunjuk investasii.Adanya zakatj.Pelarangan terhadap riba



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kerajinan wirausaha dengan inspirasi budaya lokal non benda

Karya seni rupa

Talking about self